Minggu, 01 Maret 2015

Tutorial Awal Belajar PHP

Didalam postingan awal ini saya akan membahas tentang apa saja yang diperlukan dalam belajar website terutama bahasa PHP. Banyak orang salah menafsirkan tentang PHP. Sebelum saya menjelaskan apa itu PHP, saya akan menjelaskan terlebih dahulu HTML. "Loh gan? Emang ada ya sangkut pautnya PHP dengan HTML?". Oke saya akan jelaskan, Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi (Wikipedia). Tetapi menurut saya, HTML adalah bahasa pemrograman yang berfungsi sebagai tempat/wadah berbagai bahasa pemrograman web antara lain javascript, jquery, ajax, dan css. Bisa dikatakan anda harus bisa bahasa HTML sebelum melangkah ke bahasa pemrograman website lainnya.
Sedangkan PHP (Hypertext Prepocessor) adalah bahasa pemrograman website yang memiliki fungsi yang dapat dijalankan dan menghasilkan value/nilai yang di inginkan. PHP dapat dijalankan berbarengan dengan HTML. Masih bingung? Kalau masih bingung saya akan menjelaskan lagi secara bahasa umum nya. Kita ibaratkan badan manusia. Badan dari website itu adalah HTML, otaknya itu diibaratkan PHP, bajunya diibaratkan CSS, dan tangan/kakinya diibaratkan Jquery ataupun javascript. HTML dapat menghasilkan tampilan sendiri. PHP juga dapat menampilkan data melalui proses, tetapi tidak sebagus HTML. Semoga kalian mulai paham dari pendefinisian yang telah saya terangkan.
Setelah membahas tentang pengertian tentang HTML dan PHP, saya akan menjelaskan tentang apa saja yang dibutuhkan untuk belajar PHP. Semua software yang dibutuhkan semuanya adalah freeware dan opensource alias gratis. Tetapi ada juga software editing yang berbayar, tetapi saya akan share software yang gratis saja, karena saya tahu, kalian pastinya maunya yang gratisan. hehe....  Softwarenya antara lain:

1. Webserver
Webserver digunakan untuk menjalankan file berekstensi PHP. Anda bisa menjalankan file HTML tanpa webserver dengan menggunakan web browser, tetapi untuk menjalankan file PHP anda perlu aplikasi webserver. Aplikasi webserver sangat banyak sekali dan gratis. Antara lain XAMPP, WAMPP, AppServ, dan lain-lain. Atau anda bisa mendownloadnya melalui link yang telah saya share dibawah ini:

Download XAMPP

2. Notepad++
Notepad++ adalah aplikasi editor coding. Bukan hanya PHP dan HTML saja, melainkan banyak fungsi untuk editor coding lainnya. Anda bisa download melalui situs resmi Notepad++ atau melalui link yang saya sediakan disini:

Download Notepad++

Cukup 2 software tersebut yang saya gunakan untuk belajar pemograman PHP. Simpel kan? Monggo didownload dan di install masing-masing pc anda. Di artikel selanjutnya saya akan membuat tutorial yang bersangkutan dengan PHP. Enjoy Cooding.....





1 komentar:

  1. ceramic vs titanium, bronze vs titanium - India Brass Games
    head titanium ti s6 › › 4x8 sheet metal prices near me › › titanium pry bar Table games; Table games; Poker tables; Casino table games; Table games; apple watch 6 titanium Table games; Table games; Table games; mens black titanium wedding bands Table games; Table games; Table games; Table games; Table games; Table games

    BalasHapus